Rabu, 21 Januari 2009

Perbedaan Ms. Access, MySql, SQL Server, Postgre dan Oracle

Dari sekian banyak Database Storage Engine, ada 5 engine yang paling banyak digunakan yaitu Ms. Access, MySql, SQL Server, Postgre dan Oracle. Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Di sini saya akan sedikit berbicara menyenai perbedaan di antara ke-5 nya. Walaupun belum pernah mencoba menggunakan Postgre dan Oracle, tapi Sang Penulis berusaha mencari sumber dari berbagai artikel yang sudah terbaca. So, kalau ada kekurangan mohon dimengerti dan alangkah gembiranya jika Wahai Pembaca mau berbagi pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan bersama.

1. Ms. Access
Ms. Access adalah Database Storage Engine buatan dari Microsoft yang menempel di produk Microsoft Office. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan gedhe. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Kapasitas datanya sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system ato home bisnis. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.

2. MySql
Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.

3. SQL Server
Database Storage Engine buatan Microsoft. Engine ini berbayar, akan tetapi Microsoft juga menyediakan yang versi gratisan (Express Edition). Karena buatan dari Bos Bill Gates maka Engine ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja (monoplatform). Keamanan datanya sudah lumayan. Kapasitas penyimpanan datanya tidak mencapai Tera Byte, sehingga sudah mampu untuk diterapkan di aplikasi besar. SQL Server banyak bermain di Memori untuk processing. Untuk bacup data Ms SQL banyak extensinya ada extensi .MDB, .BAK, .file. Denger – denger kapasitas rollback dan recoverinya tidak secanggih di Oracle.

4. Postgre
Database Storage Engine ini bersifat open source ato gratisan yg dikembangkan oleh berbagai developer didunia.untuk sintax query postgre sql menggunakan ANSI SQL 89, 92 dan 99. untuk postgre sql sudah support joins, views, aggregasi.

5. Oracle
Man this is a great database. Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan database oracle juga meyediakan yg gratisan versi home edition untuk sekedar yg ingin belajar oracle aja sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. sejauh yg saya tahu dalam pengalaman saya, untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix,windows, ato yg lainnya...
untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. untuk masalah perfomance oracle kebanyakan bermain di harddisk jd klo anda ingin menggunakan oracle anda harus menyediakan space harddisk yg cukup besar. untuk backup oracle mempunyai extensi sendiri namanya file DMP.

12 komentar:

  1. sebenernya yg dr beberapa minggu lalu pengin tau..
    masing2 maximum limit record'nya

    kakak dsna, bisa kasih infonya ga?
    pengen banget ngertinya itu..
    btw, infonya bagus

    BalasHapus
  2. setahuku untuk oracle,postgre bisa dibilang unlimited..karena satuannya udah nyampe tera byte.
    bahkan untuk yang SQL Server dan MySql versi yang terbaru untuk kapasitas sudah tidak dipersoalkan lagi.
    untuk MySql5 kapasitas di windows memang ada batasan maksimumnya akan tetapi kalo diterapkan di linux kapasitas penyimpanannya bisa unlimeted.
    klo Ms. Access ta tau deh..paling2 ga nyampe tera2-an gitu..

    BalasHapus
  3. ni atas disebutkan kalo postgre lebih hebat dari mySQL dan sama sama gratis, tapi eh kenapa banyak orang yang lebih suka pake mySQL ya?, aku juga lebih sering pake MySQL, belum pernah nyoba Postgre malahan...

    BalasHapus
  4. untuk postgre memang ada yang gratis, tapi ada juga yang harus bayar. kelebihan utama dari postgre ada di besar kapasitas dan keamanan datanya sehingga tidak jarang banyak perusahaan besar yang memakai database storage engine ini.

    BalasHapus
  5. Ms. Access limitnya cuma 2GB. Untuk Ms. SQl server versi Gratis dibatasi sampai 4Gb saja. Oracle pun ada yang versi Gratis, tapi dibatasi juga cuma 4GB saja (ukuran filenya).
    Postgres powerfull, tapi ribet kalo dipake di windows, so kebanyakan dipakai di LINUX. Kalo MySQL mah lebih ringan dan cepat,tapi kalo soaln kapasitas denger2 yang versi 5 ketas bisa sampai 15.000.000.000 record,untuk aplikasi kelas menengah butuh bertahun2-tahun tuh untuk mencapai 15.000.000.000. dah gitu kebanyakan hosting lebih senang menggunakan MYSQl. Alasan tepatnya kurang tau sih.
    Kalau salah tolong dikoreksi yah...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. sp bilang database access keamanannya tidak bisa dihandalkan ? Mungkin karena yg buat blm tau gmn caranya mengamankan database access. Silahkan liat-liat di arsip milis : belajar-access@yahoogroups.com Silahkan tanya lgs sm ahlinya. Sy cm user biasa yg lg belajar. thx

    BalasHapus
  8. as.
    kak, saya mau tanya apa bisa visual studio menggunakan mysql.
    harap dibalas secepatnya kak
    terimaka kasih atas ilmu yang telah kak lampirkan
    was

    BalasHapus
  9. hem bisa tolong perjelas keamanan seperti apa yang diterapkan di oracle sehingga bisa lebih bagus daripada sql server?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. tlong bantu apa perbedannya MySQL,SQL sever,Ms acces,oracle
    dari segi berikut ini

    - DAYA TAMPUNG
    - FITUR
    - KECEPATAN
    - LISENSI

    - MENDUKUNG FRONTEND DESKTOP
    - MENDUKUNG FRONTEND WEB
    - DUKUNGAN KOMUNITAS
    - DUKUNGAN VENDOR KETIGA
    krim blasan ke email zuhrifudin90@gmail.com
    komfir ke no 085729974974

    BalasHapus
  12. wah..bermanfaat sekali nhi, lagi cari-cari database yang pas untuk projek saya, thx. :)

    BalasHapus